AMD update platform komputer desktop mereka dengan menawarkan prosesor dan chipset baru.

amd_drago

Banyak teknologi yang dihadirkan AMD di ajang Computer Electronics Show 2009, Las Vegas 8-11 Januari 2009 lalu. Salah satunya adalah penggantian platform komputer desktop lawasnya yakni Spider dengan Dragon.

Seperti diketahui, platform komputer desktop AMD terdiri dari prosesor, chipset, dan grafis. Kalau Spider merupakan platform pertama yang mendukung prosesor Phenom dan grafis terintegrasi sekelas Radeon HD 3200 series, Dragon melanjutkannya dengan dukungan terhadap prosesor terbaru AMD. Phenom II, yang juga diresmikan pada waktu yang sama siap memperkuat platform baru itu. Adapun pada chipset 790G, AMD sedikit meningkatkan performa grafis terintegrasinya. Kalau pada chipset 780G yang dipasang adalah Radeon HD 3200 series, pada chipet baru itu grafis terintegrasi yang ditanam adalah Radeon HD 3300 series.

“Dengan platform Dragon, AMD menawarkan performa gaming, video editing dan tugas-tugas intensif media lainnya dengan maksimal di harga yang terjangkau,” kata Leslie Sobon, Vice President Product Marketing AMD pada siaran pers yang VIVAnews terima, Senin 12 Januari 2009. “Melalui pendekatan platform Fusion, AMD mampu menghadirkan CPU, Chipset dan GPU yang bekerja lebih baik secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan perkembangan industri saat ini dan juga masa yang akan datang.”

Yang membedakan prosesor Phenom II dengan Phenom dan Phenom X4 yang mendahuluinya adalah proses produksi yang digunakan serta kapasitas L3 cache yang tertanam pada prosesor. Kalau Phenom dan Phenom X4 dibuat dengan proses produksi 65 nanometer, Phenom II sudah dibuat dengan proses 45 nanometer. Kapasitas L3 cache pada Phenom II juga sudah ditingkatkan menjadi sebesar 6MB dibanding sebelumnya yang hanya 2MB.

Dari sisi grafis, chipset 790G memiliki seluruh fitur yang ada pada chipset 780G seperti Hybrid Graphics, PowerPlay, side-port memory, CrossFireX, and OverDrive. Serupa dengan yang ditawarkan chipset 790GX. Untuk memori video, pada motherboard berchipset 790G memiliki memori video fisik berkapasitas 128MB yang tertanam pada board. Dari sisi kinerja grafis, kalau sebelumnya Radeon HD 3200 memiliki performa di kisaran VGA Radeon HD 2400Pro, integrated graphics pada 790G kinerjanya sedikit di belakang Radeon HD 3450.

Platform Dragon juga memungkinkan pengguna membangun sistem bertenaga yang mampu mengolah grafis dan video definisi tinggi dengan harga yang terjangkau dibandingkan sistem buatan kompetitornya. Platform ini sendiri sudah disiapkan untuk beredar pada kuartal pertama tahun ini.

sumber : vivanews