Seperti yang sudah kita tahu, krisis ekonomi yang sedang melanda membuat Google memberhentikan beberapa layanan, salah satunya adalah Google Notebook. Kemampuan Google Notebook yang dapat membantu kita membuat catatan online, mem-bookmark konten yang ada di internet dan dengan mudah berbagi informasi dengan teman rasanya sangat disayangkan untuk ditelantarkan begitu saja. Namun, dunia internet memang tidak sempit, ternyata banyak layanan sejenis dengan fitur-fitur yang sama, bahkan lebih baik lagi. Di bawah ini adalah beberapa layanan yang bisa Anda coba dan bandingkan dengan Google Notebook.

Evernote

Evernote memiliki banyak fitur sebagai layanan catatan online, salah satu yang utama adalah arsitekturnya yang cross-platform sehingga kita bisa mengakses dan membuat catatan dari berbagai perangkat. Untuk meng-index gambar yang kita simpan, Evernote juga menyediakan fasilitas optical character recognition (OCR) yang dapat mendeteksi teks di dalam gambar.

Untuk menyimpan keseluruhan atau sebagian konten dari situs yang kita temukan, Anda membutuhkan sebuah browser dan bookmarklet Evernote. Pengguna Firefox dan Flock juga bisa menggunakan ekstensi Evernote. Evernote juga menyediakan client desktop yang memungkinkan pengguna untuk tetap dapat membuat dan memperbaiki catatan tanpa terhubung ke internet.

Jika Anda ingin menggunakan Evernote dari ponsel, tersedia client khusus untuk Windows Mobile dan iPhone. Dari kedua jenis perangkat tersebut kita bisa mengakses dan membuat catatan seperti halnya di komputer. Fitur yang diberikan termasuk merekam pesan dalam bentuk suara dan foto dari kamera ponsel dan microphone.

Seakan melihat peluang dari dihentikannya Google Notebook, pihak Evernote juga langsung bergerak cepat, mengumumkan bahwa mereka akan segera menyediakan fasilitas import semua catatan yang ada di Google Notebook ke Evernote secara cuma-cuma.

Zoho Notebook

Zoho Notebook juga merupakan salah satu layanan terbaik, menawarkan fitur kolaboratif. Fitur-fitur yang tersedia juga sangat lengkap, bermacam-macam jenis konten bisa dimasukkan ke dalam catatan yang ada seperti teks, link, gambar, suara hasil rekaman langsung, video, aplikasi online, file presentasi dari Zoho Show dan layanan milik Zoho lainnya.

Konten yang kita tanamkan ke Zoho Notebook terbagi dalam tiga level, yaitu notebook level, main level, dan object level . Pembagian terbsebut membuat konten menjadi sangat fleksibel, kita bisa melakukan drag dan drop dan merubah ukurannya dengan mudah.

Pengguna Firefox juga bisa menggunakan extension Zoho Notebook Helper untuk dengan mudah menyimpan konten situs ke Zoho Notebook. Cukup blokir pada bagian yang ingin disimpan, klik kanan lalu pilih Add to Zoho Notebook.

Fitur unggulan Zoho Notebook adalah kemampuan berbagi dan berkolaborasi dengan teman yang sama-sama menggunakan layanan Zoho sehingga bisa bersama-sama membuat catatan yang diinginkan. Jangan khawatir jika terjadi kesalahan saat mengubah catatan yang ada, karena Zoho Notebook membuat versioning dan timestamp untuk menyimpan semua perubahan yang terjadi sehingga sewaktu-waktu bisa kembali lagi ke iterasi sebelumnya. Agar komunikasi lebih lancar, disediakan pula fasilitas chatting langsung dari halaman Zoho Notebook.

Catatan yang selesai dibuat bisa disebarkan melalui link atau ditanamkan di situs, pengunjung yang melihat catatan kita juga bisa meninggalkan komentar.

Clipmarks

Bagi Anda yang tidak terlalu memanfaatkan Google Notebook untuk menulis catatan, melainkan hanya mengkliping konten-konten dari intenet saja, Clipmarks sangat cocok bagi Anda. Sekalinya ekstensi Clipmarks terinstal di Firefox atau Internet Explorer, Anda bisa langsung mengkliping tiap bagian penting dari sebuah situs dengan cepat dan mudah. Hasil kliping akan disimpan di server Clipmarks dan bisa dicari dan diakses dari banyak komputer dan ponsel (m.clipmarks.com).

Seperti halnya Google Notebook, Clipmarks juga memungkinkan kita untuk berkerja sama dengan orang lain untuk membuat tempat penyimpanan khusus untuk bermacam jenis kliping. Anda dapat membentuk sebuah grup dan mengirimkan hasil kliping Anda.

Hasil kliping tidak hanya bisa muncul di halaman milik Clipmarks, tetapi juga bisa disebarkan secara otomatis ke layanan jejaring sosial seperti Friendfeed, Twitter, Facebook, Delicious dan lain-lain. Pengguna juga dapat memanfaatkan widget Clipmarks yang dapat ditempatkan di iGoogle, Netvibes, blog maupun situs. Yang paling menarik adalah hasil kliping bisa langsung secara otomatis diposting ke blog yang didukung seperti Blogger, WordPress, TypePad, LiveJournal, Movable Type dan Vox.

Ubernote

Ubernote hadir sebgai pesaing Google Notebook dan menghadirkan fitur yang lebih lengkap. Seperti halnya Google Notebook Anda bisa menggunakannya untuk mengkliping sebagian atau seluruh konten yang diinginkan dari internet, atau menggunakannya untuk menulis dan melakukan bookmark dengan teman. Setiap catatan juga bisa diberi tag untuk memudahkan penyortiran dan pencarian.

Ubernote dapat bekerja dari hampir semua jenis browser utama melalui extension berupa toolbar dan bookmarklet untuk melakukan kliping. Hasil kliping bisa diakses melalui komputer atau ponsel dan semuanya bisa dibagikan pada teman melalui grup yang bersifat publik ataupun privat.

Satu hal yang membuat Ubernote lebih menarik dari layanan sejenis adalah tersedianya fitur bagi para pengguna untuk mengunduh catatan Ubernote ke dalam format HTML sehingga Anda dapat menyimpan terhadap seluruh catatan yang telah Anda buat sebelumnya ke komputer.

Springnote

Springnote melakukan pendekatan yang mirip dengan Wikipedia, mengandalkan penulisan catatan oleh orang banyak. Springnote menawarkan teks editor yang lebih kaya fitur dibandingkan Google Notebook. Seperti halnya Zoho Notebook, Springnote mengijinkan pengguna untuk memasukkan berbagai jenis konten dari berbagai situs di internet atau desktop, termasuk mengkonversi dokumen sehingga bisa dimasukkan ke dalam catatan di Springnote. Seperti juga Ubernote, catatan yang telah kita buat dapat diekspor ke desktop dalam bentuk HTML.

Kekurangan layanan ini adalah terbatasnya kapasitas penyimpanan online yang diberikan, hanya 2GB untuk setiap akun dan ini berarti Anda tidak dapat menyimpan terlalu banyak file multimedia karena kapasitas penyimpanan yang tersedia akan berkurang dengan cepat.

Delicious

Jika Anda sebelumnya menggunakan layanan Google Notebook hanya untuk menyimpan dan membagi daftar bookmark, Anda mungkin akan menyukai layanan dari Yahoo ini. Delicious memiliki jumlah pengguna yang besar dan mereka mengaku memiliki koleksi bookmark terbesar di dunia.

Untuk melakukan bookmark terhadap situs yang kita temukan, Delicious menyediakan bookmarklet untuk berbagai browser dan khusus untuk Firefox, terdapat add-ons Delicious Bookmarks yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses bookmark di web seakan-akan tersimpan secara lokal di browser.

Kekuatan utama dari Delicious adalah komunitasnya, misalkan Anda menyimpan suatu situs yang sebelumnya telah dikunjungi dan diberi tag oleh pengguna lain, maka tag tersebut akan muncul sebagai referensi dan membantu kita untuk memberi tag dengan cepat dan tepat.

Dua hal yang tidak dapat dilakukan oleh Delicious adalah menyimpan sebagian halaman situs yang penting dan membuat serta memperbaiki teks. Untuk dua hal itu lebih baik Anda menggunakan layanan-layanan di atas.