Wikipedia sedang mempersiapkan dirinya untuk menghadapi perkembangan konten digital yang pesat dengan menyiapkan server dan sarana penyimpanan baru yang didesain untuk menampung foto dan video yang lebih besar. Menurut CTO Yayasan Wikimedia, Brion Vibber, ukuran file video hari ini dapat dengan mudah mencapai ukuran ratusan MB, begitupun dengan penggunaan kamera dengan resolusi yang sangat besar. Sampai dengan awal tahun 2008, situs ensiklopedia digital ini hanya memiliki kapasitas sebesar 2 Terabyte (TB).

“Untuk waktu yang cukup lama, kami tidak memiliki kapasitas untuk menampung ukuran file media yang sangat besar, kata Vibber”

Sejak saat itu, Wikipedia telah meningkatkan kapasitas penyimpanannya dari 2 TB menjadi 24 TB, dan sekarang 48 TB untuk server penyimpanan utama file media, dan baru-baru ini meningkatkan batasan upload dari 20 MB menjadi 100 MB. Vibber mengatakan kalau sampai sekarang baru 5 TB yang telah digunakan, namun akan segera meningkat dalam waktu yang singkat.

Sebagai contoh, para pengguna kini mengunggah musik klasik dengan lisensi publik, dan beberapa rekaman ada yang mencapai durasi setengah jam. Film-film dokumenter yang belum masa hak ciptanya sudah habis juga diunggah, dan beberapa pengguna lainnya berusaha untuk mengkompres ukuran file agar tetap di bawah 100 MB.

Menghadapi beberapa kasus di atas, Vibber memiliki rencana jangka panjang untuk memungkinkan pengguna mengunggah video berkualitas tinggi dan berdurasi panjang, tetapi selain masalah kapasitas penyimpanan yang terbatas, ia mengatakan adanya tantangan lain yang berhubungan dengan konversi file ke dalam format yang cocok dan pemindahan file berukuran besar.

“Tidak akan ada batasan”, kata Vibber. Kapasitas penyimpanan akan semakin besar secara terus menerus sampai titik di mana seseorang akan dapat dengan mudah mengunggah video berdurasi 2 jam dalam kualitas tinggi.

Server dan penyimpanan baru milik Wikipedia ini disediakan oleh Sun Microsystems yang menyediakan sumbangan dan harga istimewa dalam bentuk Sun Fire x4500, server x4150 dan susunan Storage Tek. Wikipedia yang dalam sebulan menyuguhkan 10 milyar halaman juga menggunakan software open-source MySQL milik Sun sebagai database utama.

Pusat data Wikimedia beroperasi di Tampa, Florida dengan pusat caching di Amsterdam dan Korea Selatan, dan juga memiliki 450 server dari berbagai macam vendor.

Tujuan yang berkaitan dengan teknologi dari Wikipedia untuk tahun ini dan tahun depan meliput meningkatkan kemudahan pakai, membuatnya semakin mudah untuk mengedit artikel, mengunggah video dan foto serta mengintegrasikan file dengan situs media seperti Flickr.

Sumbangan dari Sun datang di tengah-tengah kegiatan penggalangan dana Wikimedia yang berhasil mengumpulkan uang lebih dari US$6 juta dari sumbangan 125 ribu donor, memungkinkan situs ini beroperasi sampai akhir tahun fiskal 30 Juni nanti. Wikimedia sendiri merupakan sebuah lembaga nirlaba dan situsnya pun tidak menampilkan iklan. Jadi, situs ini murni bergantung kepada sumbangan, hibah dan hadiah. Saat ini, Wikipedia mempekerjakan 23 karyawan, di mana 8 orangnya dari bagian IT.(PCWorld)