youtube_logoYouTube kini memungkinkan pengguna untuk mengunduh video. Untuk sementara opsi ini hanya muncul di bawah beberapa video tertentu, termasuk pada video Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Untuk melihat salah satu video yang dapat diunduh, kunjungilah video Obama yang dipublikasikan pada tanggal 17 Januari 2009.

Sementara para pengguna sudah memiliki berbagai cara untuk mengunduh video dari YouTube, kali ini adalah pertama kalinya YouTube memungkinkan pengunjung untuk secara langsung mengunduh video dari YouTube. Pilihan baru ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dalam format H.264, sama dengan yang format yang digunakan YouTube saat melakukan streaming ke set top box dan iPhone.

Professor Lawrence Lessig dari Stanford Law School tampaknya merupakan orang pertama yang menyadari fitur tersebut dan mengatakan bahwa ia akan menyebarkannya kepada video lainnya yang di-upload pemerintah.

Fitur ini diluncurkan hanya dua hari setelah Google memberhentikan layanan Google Video. Sebelumnya Google Video memungkinkan Anda mengunduh klip video dalam format H.264 yang optimal untuk ditonton di iPod dan PSP, hampur sama seperti yang ditawarkan oleh YouTube sekarang ini.

Video YouTube yang dapat diunduh langsung yang memberikan pengguna video H.264 yang dapat diputar secara offline bukanlah sebuah fitur yang remeh, karena memungkinkan YouTube untuk menjadi platform komunikasi yang lebih efektif karena memberikan satu lagi cara alternatif untuk berbagi video, yaitu secara offline. (Webware)

Tampaknya YouTube belum menggelar fitur ini untuk semua akun dan ArsTechnica hanya menemukan opsi unduh dari video-video di kanal Obama.
Video YouTube dengan opsi download