googlegdrive1pj6

Seakan tidak mau kalah dengan saingannya Windows Live yang telah beberapa waktu lalu meluncurkan Skydrive, sang penguasa dunia online Google juga sedang mempersiapkan “senjata” terbarunya, sebuah media penyimpanan file apapun di internet.

Google GDrive merupakan sebuah jawaban yang rencananya juga akan menjadi kompetitor paling berat storage online lainnya. Sepertinya halnya kebanyakan storage online, Google GDrive menyediakan penyimpanan untuk file dokumen, foto, musik dan file bertipe lainnya.

Google GDrive dapat diakses di manapun, kapanpun dan dengan perangkat apapun, bisa melalui ponsel dan laptop maupun dari komputer desktop, jadi dalam hal portabilitas, Google GDrive akan menjadi kampiunnya.

Untuk menambahkan daya jelajahnya, GDrive juga menawarkan aplikasi desktop client untuk mengizinkan pengguna Mac dan Windows mengakses file yang tersimpan di private storage merupakan dengan hanya melalui file explorer. Ketika kita mempunyai akaun di Google Docs juga, maka secara otomatis file-file akan tersinkronisasi sehingga terdapat folder tambahan yang terdapat di di dashboard Google Docs.

Cara drag and drop merupakan cara yang paling sederhana untuk memindahkan file di komputer lokal ke komputer remote, untuk itu Google GDrive mengadopsinya sehingga muncul sebuah drive baru (misalnya drive G:\) untuk memudahkan
user.

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Google GDrive ialah bahwa penyimpanan yang merupakan tawarkan hanya sebatas private sharing, bukan public sharing sehingga tidak dapat didownload secara anonymous. Kira-kira jumlah kapasitas yang disediakan sebesar 10 GB.