103753pDimensi D-Link DWL-2100AP yang hanya 14,2×10,9×3,1 cm dan bobot 200 gram tergolong yang teringkas. Dilengkapi dengan tatakan (tray), access point imut ini dapat diposisikan tegak untuk menghemat ruang. Bagian samping kanan dan kiri badannya berderet lubang-lubang sirkulasi udara untuk mengurangi suhu panas dari dalam.

Selain berfungsi sebagai access point, D-Link DWL-2100AP dapat juga diposisikan sebagai repeater (penguat sinyal dari access point lain). Demikian pula, terdapat fitur untuk mengatur sensitivitas transmisi sinyal. Fasilitas load balancing bermanfaat untuk membatasi jumlah klien yang terhubung agar beban kerja access point tidak melewati batas.

D-Link DWL-2100AP dapat diatur agar tidak memancarkan (broadcast) sinyal identitas keberadaannya (SSID), sehingga tidak terdeteksi oleh aplikasi site survey. Hal ini bermanfaat sebagai upaya pengamanan agar akses ilegal dapat ditekan. Fitur pengamanan tambahan yang tidak kalah penting adalah MAC address filter untuk menyaring nomor-nomor alamat kartu jaringan yang diijinkan atau yang tidak diijinkan mengakses jaringan.

Access point D-Link DWL-2100AP memiliki kemampuan kekuatan sinyal maupun kecepatan penerusan paket data yang cukup baik. Mencukupi untuk jaringan skala kecil dan menengah. (Vincent Bayu Tapa Brata)

Plus : Troughput bagus; dimensi dan desain ringkas.

Minus: Dukungan manual kurang detail; fitur tambahan terbatas; mode Super G Dynamic Turbo belum efektif berfungsi.

Skor Penilaian

Fitur : 2,75

Penggunaan : 3

Kinerja : 4

Harga :

Total :

Spesifikasi Access Point D-Link DWL-2100AP

Standar

802.11g

Konektor

4 konektor RJ45 untuk LAN.

Mode operasi

Modem, bridge.

Kecepatan transfer data

54 Mbps.

Fitur

· DHCP server.

· MAC address filter.

· SSID hide.

· Upgrade firmware.

Dimensi

142 X 109 X 31 mm.

Bobot

200 gram.

Kelengkapan

· Power adapter AC/DC 12 Volt, 1 Ampere.

· Kabel RJ 45.

Garansi

1 tahun.

Situs web

http://www.d-link.com

Harga