085843p2

Keyboard Video Mouse (KVM), kadang dilupakan sebagian besar administrator yang membawahi banyak server. Padahal, dengan perangkat ini, banyak penghematan yang bisa dilakukan. Monitor misalnya, dari tadinya dibutuhkan 8 buah, dengan KVM jumlahnya bisa ditekan menjadi 1 unit.

Salah satu produk KVM yang bisa diandalkan saat menangani banyak sistem adalah Oxca KSP-108. Jenisnya adalah KVM klasik, artinya semua port dan antarmuka video yang digunakan masih merupakan jenis lawas, seperti PS/2 dan VGA port (DB-15).

Tepat di depan perangkat, Anda bisa menemukan 8 switch yang berguna untuk memindahkan konsol ke PC yang akan diakses. Oxca sudah membekali 2 LED di masing-masing switch, gunanya untuk mengetahui apakah port yang tersedia sedang terkoneksi ke PC atau tidak. Port yang sedang aktif digunakan juga bisa diketahui lewat keterangan LED ini.

Kinerja Oxca saat harus melayani banyak PC boleh diacungi jempol. Bahkan ketika mencabut kabel PC dari port KVM ayng sedang aktif, Oxca tetap bisa menangani koneksinya dengan baik, sehingga tidak menggangu koneksi PC lain.

Sebenarnya tidak ada ada fasilitas instimewa yang dikandung produk Oxca selain fasilitas standar KVM. Artinya, Anda yang memang tidak butuh sistem KVM yang rumit dan bertele-tele mestinya cocok menggunakan perangkat ini. (Brama Setyadi)

Plus : Penggunaan mudah; switching responsif.

Minus: Tanpa USB & audio.

Skor Penilaian:

Penggunaan :4,25

Kinerja :4

Fasilitas : 3,5

Harga : …

Total : ..

Spesifikasi: Oxca KSP-108 8 Port KVM Switch

KVM Port

– 8 x VGA port

– 8 x Mouse port (PS/2)

– 8 x Keyboard port (PS/2)

Konsol Port

– 1 x VGA port

– 1 x Mouse port (PS/2)

– 1 x Keyboard port (PS/2)

Audio

Tidak ada

USB

Tidak ada

Scan Interval

8 detik

Resolusi VGA

1920 x 1440

Bandwidth

200MHz

Dimensi (plt)

44,8 x 19 x 4,4 cm

Bobot

2,2 KG

Kelengkapan

– Kabel power

– Quick installation guide

Garansi

1 tahun

Situs Web

Harga kisaran*

US$ …