0wawih2zopEmail gratisan Google Gmail kini bisa disinkronisasikan dengan ponsel pintar apapun, dengan menggunakan lisensi software milik rivalnya, Microsoft.

Google Sync akan memungkinkan para pengguna Gmail mendapatkan update pesan, kalender, dan daftar kontak ke dalam iPhone miliknya, atau ponsel pintar jenis lainnya yang digunakan. Fitur ini hampir sama dengan apa yang dilakukan vendor Research in Motion (RIM), yang memasukkan secara otomatis email-email di Microsoft Exchange ke dalam smartphone Blackberry mereka.

“Karena sync merupakan layanan dua arah, maka anda bisa mengubah data apapun di dalam ponsel atau akun Google anda. Kalender dan kontak yang anda miliki bisa selalu up to date, di mana saja dan kapan saja.

Kelebihan Sync, papar Mawhinney, jika ponsel tersebut rusak atau hilang, data-data yang ada masih tersimpan di akun Google milik pengguna. Sehingga mereka masih bisa mengaksesnya melalui internet.

Menurut pihak perlindungan hak cipta di Washington, terbentuknya Google Sync ini sangat dimungkinkan berkat adanya teknologi dari Microsoft Exchange ActiveSync yang lisensinya dimiliki Microsoft. Lisensi ini pula yang telah digunakan oleh perangkat pintar lain termasuk Apple, Nokia, Palm, Samsung dan Sony Ericsson.