hp-mi-home-screen-14

Kabar yang sangat menarik beberapa waktu yang lalu adalah munculnya X-Desktop sistem operasi Ubuntu versi MI Edition. Ini yang membuat Windows 7 ketar-ketir melihat penampakan Desktop Ubuntu versi Mi Edition. Betapa tidak, pertama kali melihatnya Anda pasti terpana melihat sebuah sistem operasi berbasis Linux memiliki tampilan desktop yang sangat cantik, boleh dibandingkan dengan Windows 7 yang dikeluarkan oleh Microsoft.

Berbarengan dengan diluncurkannya HP Mini 1000 Mi Edition, sebuah netbook terbaru besutan Hewlett Packard (HP) yang memang mem-bundle sistem operasi Ubuntu custom ini. Berbeda dengan versi untuk pengguna komputer yaitu Ubuntu 8.10. Varian Ubuntu ini berbasis versi Ubuntu Long Term Support (LTS) terbaru 8.04 Hardy Heron. Ubuntu versi ini mengemas aplikasi standar seperti OpenOffice, Firefox, Thunderbird, Sunbird, Pidgin dan beberapa aplikasi tambahan sehingga membuat versi Mi Edition ini benar-benar istimewa dan unik dengan tampilan yang sangat cantik dan menawan. Bahkan tidak menyerupai versi Ubuntu pada umumnya maupun Ubuntu Netboox Remix, sistem operasi yang digunakan khusus Netbook.

Bisa dibilang seperti sistem dashboard yang memiliki tombol-tombol untuk navigasi musik, foto, video, IM dan pencarian di Web. Tombol “Start New Program” juga dengan menawan mengelompokkan aplikasi berdasarkan kategorinya masing-masing, seperti Internet, Media, Utilities, Work, Play dan sebagainya

Ditambah media player kustom yang bernama HP Media Style yang mirip dengan aplikasi FrontRow-nya Apple MacOS.

hp-mi-settings-2

Secara keseluruhan, Ubuntu Mi Edition adalah salah satu tampilan Linux terbaik untuk netbook. Interface MI ini jelas-jelas ingin menarik konsumen untuk berinteraksi dengan Linux, terutama konsumen HP MIE.

hp-mi-programs-3

Namun sayangnya, Ubuntu MIE ini khusus dirancang untuk Netbook HP Mini Mi Edition, sehingga tidak memiliki dukungan driver sebaik versi utama Ubuntu yang dibuat untuk dioperasikan di semua PC.  HP sendiri juga ingin supaya OS ini hanya dipakai pada produknya saja dan memungkinkan hanya mengemas driver untuk hardware yang digunakan oleh HP.

Kabar baiknya, jika Anda ingin mengaplikasikan tema tampilan ini untuk Ubuntu versi utama (Major Version), Anda hanya menambahkan paket yang bernama “Glassy Bleu Theme”.