vaiohitam285Jika beberapa vendor netbook berlomba-lomba memacu kinerja produk mereka, lain halnya dengan Sony yang melalui jajaran Vaio P series justru mengedepankan penampilan dan gaya.

Pertama kali diperkenalkan pada Consumer Electronic Show, Las Vegas, Amerika Serikat pada Januari 2009, kini Sony Vaio P series hadir di Indonesia. Sony membawa dua varian untuk Indonesia, VGN-P15G dan VGN-P13H.

Spesifikasi dari keduanyapun tidak terpaut jauh. VGN-P15G menggunakan sistem Windows Vista Home Premium, prosesor Intel Atom Z530 (1.60GHz), dan media penyimpanan solid-state drive (SSD) 64GB. Perangkat ini memiliki bobot 594 gram.

Sedangkan saudaranya, VGN-P13H menggunakan sistem Windows Vista Home Basic, prosesor Intel Atom Z520 (1.33GHz) dan hardisk 60GB. Perangkat ini memiliki bobot 620g.

Sedangan untuk Memory RAM keduanya menggunakan kapasitas 2GB. Keduanya pun memiliki dimensi layar yang sama yaitu 8″ wide UWXGA. Meski kecil, layar ini sanggup menampilkan resolusi sampai dengan 1600 X 767 pixel. Ketebalan kedua perangkat ini adalah 20 mm.

Selain spesifikasi di atas Sony Vaio P series juga dilengkapi dengan konetivitas nirkabel seperti WiFi dan Bluetooth. Dengan Instant Mode yang dimilikinya, pengguna dapat menyalakan XMB (Cross Media Bar) dengan tampilan khas Sony. Hasilnya, proses boot up dan akses ke musik, video, foto, serta Web jadi lebih cepat.

Untuk pengguna yang biasa membuka banyak aplikasi Sony Vaio P series menyediakan satu tombol yang bernama ‘Windows Arrangement Utility’. Tombol yang terletak di permukaan laptop depan keyboard ini berfungsi untuk mengatur jendela yang dibuka secara otomatis.

Contohnya, saat pengguna membuka dua jendela aplikasi lalu menekan ‘Windows Arrangement Utility’, maka tampilan akan berubah bak sebuah buku yang halamannya saling berhadapan. Tombol ini sangat berguna jika pengguna cenderung membuka banyak jendela saat menggunakan komputer.

Sony Vaio P series mempunyai empat variasi warna yaitu, Garnet Red, Olivine Green, Obsidian Black dan Crystal White. Di balik warna itu, terdapat tubuh Vaio P Series yang terbuat dari magnesium berlapis.

Untuk yang menginginkan produk ini siap-siap merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya Sony membandrol VGN-P15G dengan harga US$ 1.299 dan VGN-P13H seharga US$ 899, bukan harga yang murah untuk perangkat komputer berbasis Intel Atom.