Layanan hosting gambar yang menawarkan tempat penyimpanan secara gratis telah banyak bermunculan dan menjadi sangat populer sekarang ini. Yang menjadi pemicu adalah semakin maraknya orang yang membuat blog/situs, aktif di forum, jual beli barang dan lainnya. Selain layanan hosting yang bisa dipakai secara cuma-cuma, sekarang ini bahkan ada yang menawarkan kemudahan penyimpanan gambar tanpa terlebih dulu mendaftar sebagai member, contohnya Pict, Picupine, dan Tinypic.

imagebam

Salah satu layanan hosting gambar gratis yang baru-baru ini muncul adalah ImageBam. Setiap layanan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk layanan yang saya pilih ini. Sebelumnya kita bicarakan tentang kelebihannya dahulu. Kelebihan yang utama dari layanan hosting tanpa batasan kapasitas penyimpanan ini adalah pilihan dan fasilitas unggah yang diberikan untuk pengguna sangat fleksibel.

Ada tiga jenis fasilitas unggah yang bisa Anda pilih:

  1. Multi-Upload – fitur berbasis flash yang memudahkan kita untuk mengunggah gambar dalam jumlah banyak. Klik ADD FILES dan tekan tombol [Ctrl] untuk menyeleksi gambar satu persatu, tombol [Shift] untuk menyeleksi gambar dari awal dan akhir, [Ctrl + A] untuk menyeleksi seluruh gambar dalam folder. Tidak ada batasan jumlah gambar dalam sekali unggah, tapi ukuran tiap gambar dibatasi sampai 3 MB saja.
  2. Basic Upload – fasilitas unggah yang umum ada di banyak layanan lainnya. Klik Browse… dan pilih gambar. Maksimal gambar yang bisa ditampung dengan fasilitas upload ini sampai 60 buah.
  3. Zip Upload – fasilitas yang memungkinkan kita untuk mengunggah gambar yang sudah dikompresi ke dalam file ZIP. Syarat yang harus dipenuhi adalah jumlah gambar maksimal 100 buah dan ukuran total maksimum 100 MB dalam satu file ZIP, dan jangan menempatkan gambar dalam folder, karena server secara otomatis akan mengeluarkan gambar dalam file ZIP tersebut.

imagebammulti-upload

imagebamzipupload

Format file gambar yang didukung adalah JPG, GIF, dan PNG. Sebelum melakukan proses unggah kita bisa melakukan beberapa pengaturan sederhana seperti memilih tipe konten, ukuran thumbnail yang nantinya ditampilkan, mengatur rataan gambar untuk BBCode dan memilih untuk membuat galeri/mengelompokkan beberapa gambar yang telah diunggah atau tidak.

Khusus untuk fasilitas multi-upload proses unggah akan diperlihatkan melalui animasi progress bar dan status dari masing-masing file gambar sehingga Anda dapat memonitor prosesnya dengan lebih mudah.

Untuk menggunakan layanan ini Anda tidak diharuskan mendaftar, walaupun begitu Anda sudah bisa menikmati layanan unggah sampai 60 buah gambar sekaligus, kemudian disimpan selamanya tanpa batasan unduh dan akses server yang cepat. Selain itu gambar yang telah Anda unggah juga dilengkapi dengan pilihan tipe kode, seperti BBCode dan HTML untuk tiap gambar atau banyak gambar sekaligus, sehingga cukup Anda salin kodenya dan gambar bisa langsung ditampilkan di postingan forum atau halaman situs/blog dalam bentuk thumbnail.

imagebamimagescode
Kekurangan dari layanan ini adalah tidak tersedianya fitur pencarian. Tentunya hal ini akan sangat merepotkan jika Anda menyimpan banyak koleksi gambar. Untuk menyiasatinya bisa dengan membuat beberapa galeri yang disesuaikan dengan tema gambar, supaya lebih memudahkan dalam melakukan pencarian.

ImageBam juga tidak menyediakan fasilitas me-link langsung (hotlinking), jadi untuk melihat gambar dalam ukuran penuh hanya bisa melalui situs ImageBam. Jika Anda tidak menyukai dua kekurangan tersebut silakan mencoba layanan sejenis, yaitu TinyPic.

Situs tersebut juga menyediakan add-on khusus Firefox yang berguna untuk menangkap sebagian atau keseluruhan isi dari layar browser. Namanya Screen Grab!. Add-on ini sudah terintegrasi dengan layanan ImageBam sehingga gambar hasil tangkapan Anda bisa langsung diunggah ke server ImageBam.

screengrab