nvidia_x86Tampaknya nVidia berniat untuk memproduksi prosesor x86 sendiri, dan mungkin sudah waktunya mereka mulai melakukan hal ini karena Intel sudah mulai menganggap nVidia sebagai kompetitor untuk produk Larrabee yang akan datang tahun depan dan melarang nVidia untuk membuat chipset untuk Intel Nehalem.

Gosip bahwa nVidia diam-diam mengembangkan chip x86 sendiri telah beredar sejak tahun 2006 tetapi kali ini kebenarannya dikonfirmasi oleh nVidia sendiri. Di Morgan Stanley Technology Conference, VP nVidia Mike Hara mengindikasikan bahwa mereka tengah mempertimbangkan pengembangan CPU x86 untuk peralatan mobile dalam dua tahun ini.

Berdasarkan apa yang dikatakan Hara, tampaknya nVidia akan merancang produk SoC (system on a chip) yang mirip dengan Tegra, tetapi dengan CPU x86 mereka sendiri menggantikan kombinasi prosesor ARM + GPU.

Mengapa nVidia melakukan hal ini? Karena seperti yang dikatakan Jon Peddie, rancangan sistem IGP (Integrated Graphics Processor) pada akhirnya akan mati, digantikan oleh rancangan desain di mana GPU sudah tidak lagi ditempatkan di chipset melainkan digabungkan dengan prosesor utama. IGP adalah segmen bisnis nVidia yang sangat besar, dan tentunya mereka tidak ingin kehilangan sumber pendapatan ini saat Intel mengemas GPU ke dalam semua prosesor mobile x86.

Dapatkah nVidia Bersaing

Karena Intel belakangan ini mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan jasa TSMC untuk memproduksi produk Atom masa depan mereka, ide nVidia untuk memproduksi SoC x86 tampaknya tidak salah. Karena nVidia saat ini sudah merupakan pelanggan TSMC, setidaknya mereka akan memiliki proses manufakturing yang setara dengan SoC Atom buatan Intel.

Terlebih lagi, apabila dilihat dari kinerja GPU nVidia yang luar biasa besar (Apple juga beralih dari Intel IGP ke GeForce 9400M dengan alasan nVidia mampu mengantarkan kinerja grafis 5x lebih besar), bukan tidak mungkin SoC rancangan nVidia dapat mengalahkan Intel dari segi kinerja, setidaknya untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis tinggi.

sumber : http://udaramaya.com