safariSama seperti tahun lalu, Mac dan Safari sama-sama turun pamor. Seperti kita ketahui, kemudian Microsoft Internet Explorer 8, baru saja diluncurkan secara resmi pada hari Kamis, dan Firefox 3 yang telah berhasil diperbaiki, hanya meninggalkan Google Chrome yang masih belum bersahabat karena masih sering crash.

Pada konferensi keamanan CanSecWest’s Pwn2Own kontes di Vancouver, British Columbia, pada hari Rabu, Charlie Miller, seorang peneliti keamanan menunjukkan kerentanan di browser Safari, yang berjalan di Mac OS X. Kurang dari dua menit, peserta kontes yang disponsori oleh TippingPoint ini, berhasil memperoleh hadiah $ 5000 beserta MacBook yang telah dia hack.

Miller memenangkan sebuah MacBook Air di kontes Pwn2Own tahun 2008 menggunakan celah kerentanan dalam versi 3,1 browser Safari. Kontes ini menawarkan hadiah sebesar $ 5.000 per browser bugs dan $ 10.000 per ponsel bugs. Peraturannya adalah orang pertama yang berhasil memanfaatkan celah untuk mengambil alih perangkat tersebut, akan dikontrak selama satu tahun.

Miller pun berhasil mengambil kendali pada kelemahan yang terdapat pada IE 8 yang menggunakan OS Windows 7 di perangkat Sony Vaio.

“Kami sangat senang bahwa Pwn2Own kontes membawa beberapa pemikiran di atas keamanan bersama masyarakat untuk membantu meningkatkan produk-produk seperti Google Chrome,” kata juru bicara perusahaan di emailnya. “Google Chrome dibangun dengan keamanan dari awal, dan kami selalu mencari cara untuk memperbaiki sistem kami.”

Menurut laporan yang dirilis oleh vendor keamanan Cenzic pada hari Rabu, Internet Explorer memiliki kerentanan persentase tertinggi selama periode Q3-Q4 di 2008, 43%, diikuti oleh Firefox erat dengan 39%. Opera dan Safari yang 10% dan 8%, masing-masing. Chrome tidak disebutkan dalam laporan.