amd-300x108Belum puas dengan produk-produk CPU-nya yang terdahulu, AMD kembali menjajal kemampuannya dalam meramu segala kecanggihan yang ia tuangkan dari generasi penerus prosessornya. Versi Opteron six-core monolitis terbarunya, dengan kode Istambul, akan diperkenalkan pada bulan Juni nanti. Kita juga akan menyaksikan teknologi pengendali memori yang terintegrasi (Integrated Memory Controller (IMC)) terbarunya yaitu: prosesor 12 core pada tahun 2010 dan CPU 16 core pada tahun 2016 mendatang.

Mengikuti Nehalem Xeon 5500 fireworks dari Intel, AMD dikabarkan memberikan kejutan yang mengindikasikan alur peta server yang dipercepat keseluruhannya. Awalnya perusahaan telah mengeluarkan versi 40 watt terbarunya dari chip Opteron quad-core 45 nm. Pada bulan Mei, perusahaan akan mulai memasarkan high-end terbarunya, Opteron 6 core, yang mana seperti yang dikatakan pihak perusahaan bahwasanya akan dikirim 30% yang lebih unggul dibanding Opteron quad corenya. Chip-chip tersebut akan secara resmi diperkenalkan pada bulan Juni nanti, kata pihak AMD.
.
Keseluruhan seri Opteron 6000 terbarunya untuk sistem 2P dan 4P pada tahun 2010 mendatang. Prosesor Magny-Cours akan tersedia dalam versi 8 core dan 12 core, dan akan dikeluarkan pertama kalinya pada soket G34 dan platform Maranello. Seri 4000 terbaru akan dialamatkan pada entry-level 1P dan bagian 2P server, dan akan keluar bersama soket C32 dan platform “San Marino” dengan prosesor Lisbonnya yang 4 core dan 6 core.

Untuk tahun 2011 mendatang, AMD berencana untuk memperkenalkan Interlagos prosesor 12 dan 16 core-nya, yang mana akan berdasarkan pada core Bulldozer. CPU 32 nm akan kompatibel dengan platform Mranello, sedangkan jenis lainnya, prosesor Valencia 6 core hingga 8 core-nya akan menargetkan platform San marino 1P dan 2P.

AMD menyatakan hal itu juga akan memperkenalkan Direct Connect Architecture 2.0 nya, yang akan mendukung hingga 12 core pada permulaannya dan menawarkan “mendekati penampilan virtual aslinya, dan jarak full-featured power bands yang melanjutkan meletakkan prioritas pada konsumsi tegangan rendahnya.